Masa - Masa Demokrasi Terpimpin




SEPUTARINFO.COM - Demokrasi Terpimpin merupakan suatu periode dalam sejarah Indonesia yang berlangsung pada 1959-1965. Tujuan dari Demokrasi Terpimpin adalah mengembalikan kekuasaan penuh kepadanpresiden agar terciptanya kondisi politik yang stabil dibawah satu pemimpin.

Dinamika Politik

A. Menuju Demokrasi Terpimpin.
B. Kekuatan Politik Nasional.
C. Pembebasan Irian Barat.
D. Konfrontasi terhadap Malaysia.

Dinamika Ekonomi

A.Sistem Komando.
B. Dewan Perancang Nasional dan Deklarasi Ekonomi.
C. Devaluasi mata uang.
D. Proyek Mercusuar.

Dekrit President 5 Juli 1959

Dekrit Presiden dilatarbelakangi oleh kegagalan Konstituante untuk menetapkan UUD baru sebagai pengganti UUD 1950. Dalam sejarah Indonesia, dekrit ini menjadi titik awal dalam periode demokrasi terpimpin.

Konsepsi Presiden 21 Februari 1957

Konsepsi Presiden adalah sebuah gagasan Soekarno pada masa Indonesia era Demokrasi Liberal. Dalam gagasan ini terdapat sebuah konsep demokrasi terkenal yang diciptakan oleh Soekarno, yaitu konsep “Demokrasi Terpimpin”.

Pemikiran Politik Soekarno tentang demokrasi terpimpin

Pemikiran politik Presiden Soekarno terangkum dalam Panca Aziman.
1. Nasakom
2. Pancasila
3. Manipol/Usdek
4. Trisakti
5. Berdikari

Kabinet Kerja

Kabinet Kerja I

Bekerja sejak 10 Juli 1959 sampai dengan 18 Februari 1960.

Kabinet Kerja II

Bekerja sehaj 18 Februari 1960 sampai dengan 6 Maret 1962.

Kabinet Kerja III

Bekerja sejak 6 Maret 1962 sampai dengan 13 November 1963.

Kabinet Kerja IV

Bekerja sejak 13 November 1963 sampai dengan 27 Agustus 1964.

Kabinet Dwikora I

Pada 27 Agustus 1964 PresidenSoekarno mengumumkan susunanbaru kabinet yang dinamakan cabinet Dwikora sebagai penggantu Kabinet KerjaTerjadi peristiwa Gerakan 30 September 1965 pada masa Kabinet Dwikora I.

Kabinet Dwikora II

Pada 21 Februari 1966, Presiden melakukan reshuffle kabinet yang dinamkan Kabinet Dwikora II atau Kabinet Dwikora yang disempurnakan.

Pada masa kabinet ini Presiden Soekarno mengeluarkan surat perintah 11 Maret kepada Mayjen Soeharto.

Pembebasan Irian Barat

Pada masa Demokrasi Terpimpin pemerintah melakukan aksi yang lebih ofensif untuk membebaskan Irian Barat dari Pemerintah Belanda.
TRIKORA

Gagalkan pembentukan negara boneka Papua buatan Belanda. Kibarkan Sang Merah Putih di Irian Barat, tanah air Indonesia Bersiaplah untuk mobilitas umum guna mempertahankan kemerdekaan dan kesatuan tanah air dan bangsa.

UNTEA

Menerima penyerahan pemerintahan atau wilayah Irian Barat dari pihak Belanda. Menyelenggarakan pemerintahan yang stabil di Irian Barat selama suatu masa tertentu. Menyerahkan pemerintahan atas Irian Barat kepada pihak Republik Indonesia

PEPERA

Pemilihan umum yang diadakan pada tanggal 2 Agustus 1969 untuk menentukan status daerah bagian barat Pulau Papua, antara milik Belanda atau Indonesia.

Konfrontasi Indonesia-Malaysia

Konfrontasi Indonesia-Malaysia adalah sebuah konflik yang terjadi antara Indonesia dengan Malaysia sepanjang 1962-1966. Konflik ini berawal dari keinginan Federasi Malaysia untuk menggabungkan Brunei, Sabah, dan Serawak ke dalam Federasi Malaysia yang ditentang oleh Presiden Soekarno.

Politik Luar Negeri Indonesia

Pada masa demokrasi terpimpin, sikap politik Indonesia menjadi lebih condong kepada Blok Timur. Hal ini disebabkan oleh kekecewaan pemerintah Indonesia terhadap sikap PBB dan negara-negara barat yang dianggap kurang mendukung strategi politik Indonesia. 

Sementara disatu sisi, negara-negara Blok Timur mulai mendekati Indonesia dengan memberikan dukungan bahkan bantuan materi. Contohnya Uni Soviet yang memberikan bantuan senjata kepada Indonesia.

Proyek Mercusuar

Proyek Mercusuar adalah icon dari Negara Indonesia dan proyek pembuatan bangunan yang memiliki  tujuan lain selain dari fungsi utama bangunan tersebut.

Dalam Pelaksanaannya, Proyek Mercusuar berkaitan dengan penyelenggaraan Asian Games keempat yang akan dilaksanakan di Jakarta pada 1962.

Presiden Soekarno memanfaatkan momentum Asian Games untuk menunjukan kebesaran Indonesia kepada dunia.

Kebijakan Ekonomi di Masa Demokrasi Terpimpin

Dewan Perancang Nasional dan Deklarasi Ekonomi

Kehidupan ekonomi masa demokrasi terpimpin tidak lebih baik dibandingkan masa demokrasi liberal. hal ini terlihat dari masih tingginya angka inflasi, defisit anggaran, kelangkaan barang, dana masih banyaknya pengangguran.

Pemerintah Indonesia menerapkan sistem ekonomi terpimpin yang cenderung bersifat etatisme,  artinya segaka urusan ekonomi dari mulai kebijakan hingga peraturan ditentukan oleh pemerintah.

Pada 1963 pemerintahan membentuk Badan Perancang Pembangunan Nasional yang di ketuai oleh Presiden Soekarno bertujuan untuk membangun ekonomi lebih baik.

Devaluasi Mata Uang

Deavaluasi ini bertujuan untuk penyusuain mata uang dengan mata uang yang ada.

Sistem Komando

Sistem Komando adalah sistem ekonomi dimana negara atau pemerintahan memgang kendali penuh terhadap semua aktivitas ekonomi.






Sekian dari ringkasan tentang Masa - Masa Demokrasi Parlementer.

Semoga Bermanfaat..

Sumber: SEPUTARINFO.COM ( https://seputarinformasididunia.blogspot.com/ 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Masa - Masa Demokrasi Terpimpin"

Post a Comment