Cara Mempercepat Koneksi Internet di Hand Phone Android


SEPUTARINFO.COM - Berkembang zaman di dunia, berkembang pula teknlogi. teknologi semakin canggih, kebutuhan internet seluler yang cepat tentunya juga semakin menjadi kebutuhan utama.

Bermain game online, streaming video berkualitas tinggi, mengunduh atau mendownload, serta melakukan panggilan konferensi video melalui ponsel saat ini menuntut kecepatan internet yang mumpuni.

Kecepatan internet ini bukan hanya dipengaruhi oleh operator penyedia jaringan internet, namun berbagai faktor lainnya juga bisa mempengaruhi cepat atau lambatnya suatu kecepatan internet.
Nah bagi kalian yang merasa internetnya lemot, berikut ini ada beberapa cara mempercepat koneksi internet di HP Android agar internetan jadi makin ngebut.

          Gunakan Lite Mode

Beberapa aplikasi browser di ponsel saat ini sudah dibekali dengan beragam fitur canggih yang bisa mempercepat proses loading.

Misalnya saja fitur Lite Mode pada aplikasi Google Chrome yang diklaim mampu mengakses suatu laman web lebih cepat dan mengurangi hingga 60% penggunaan data.

Sedangkan untuk Opera browser, kamu bisa menggunakan fitur Data Saving agar bisa mengatur kualitas gambar yang ditampilkan pada laman web. Semakin rendah kualitas gambar yang dipilih, tentunya semakin cepat pula kecepatan loading-nya.

Blokir Iklan

Iklan-iklan yang muncul pada suatu halaman web ternyata juga bisa membuat internetmu jadi lemot karena harus memuat data yang lebih banyak.

Sehingga untuk menambah kecepatan koneksi Internet di ponsel Android, kamu bisa memblokir dan menghapus iklan di perangkatmu.

Untuk memblokir iklan yang ada pada browser, kamu bisa menggunakan browser yang dibekali dengan fitur AdBlock, seperti Opera Browser atau UC Browser.

Sementara jika kamu hendak memblokir semua jenis iklan yang ada di HP Android, kamu bisa menggunakan aplikasi AdAway.

Gunakan VPN

Dalam suatu waktu, terkadang akan ada masanya koneksi internet di sebuah area menjadi sangat lemot. Untuk mengakalinya, kamu bisa gunakan bantuan sejumlah aplikasi VPN yang tersedia di Google Play Store untuk terhubung ke alamat IP di negara lain.

Selain berguna untuk membuka situs yang diblokir pemerintah, mengubah alamat IP dengan VPN juga bisa mempercepat koneksi internetmu, asalkan terhubung dengan IP yang tepat.

Bersihkan Cache

Semakin sering aplikasi yang membutuhkan internet digunakan, semakin banyak juga simpanan cache di dalamnya, sehingga bisa memperlambat performa ponsel.

Untuk itu disarankan agar secara berkala membersihkan cache yang menumpuk. Kamu bisa melakukannya dengan masuk ke menu Settings > Storage > Cache > Clear Cache.

Sementara jika mau cara yang lebih mudah, kamu bisa menggunakan aplikasi seperti One Tap Cache Cleaner, Clean Master atau Drop Optimizer

Gunakan Speed Optimizer

Bagi kalian yang sudah memiliki ponsel dengan akses root, koneksi internet bisa dipercepat dengan menggunakan aplikasi 3G/4G Speed Optimizer.

Cara kerja aplikasi ini adalah dengan memberikan tweak khusus dan memberikan keleluasaan dalam mengatur serta memilih kecepatan koneksi internet sesuai kebutuhan.

Selain menggunakan aplikasi ini, ada pula aplikasi lain seperti Network Master, Speedify, atau DNS Changer.

Tampilan Browser

Saat ini, kebanyakan halaman website telah dibuat sedemikian responsif agar bisa otomatis menyesuaikan tampilan jika dibuka di ponsel atau pun di komputer.

Namun terkadang, tampilan web di komputer tetap ditampilkan pada ponsel, sehingga membuat koneksi internet makin lambat.

Untuk mengatasinya aturlah tampilan layout di browser menjadi tampilan ponsel, agar data dikompres sesuai untuk tampilan ponsel.

Hack DNS

DNS (Domain Name System) berfungsi untuk mengubah IP address menjadi domain address. Nah, untuk dapat memiliki koneksi internet yang maksimal kamu dapat menggunakan DNS 1.1.1.1 yang mampu mempercepat response time internet hingga 14.8ms.

Cara untuk mengubah DNS dengan DNS 1.1.1.1 ini adalah sebagai berikut:

- Buka Setting pada HP kamu dan masuk ke halaman WiFi.
- Tap sambil tahan WiFi yang sudah terhubung dengan kamu, lalu pilih Modify Network.
- Kamu akan melihat berbagai informasi mengenai koneksimu dengan WiFi, pilih IP Settings menjadi Static.
- Isi kolom DNS dengan angka berikut, DNS 1: 1.1.1.1 & DNS 2: 1.0.0.1


Semoga Bermanfaat..

Sumber: SEPUTARINFO.COM ( https://seputarinformasididunia.blogspot.com/ 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mempercepat Koneksi Internet di Hand Phone Android"

Post a Comment