Website vs Marketplace: Pilihan atau Sinergi?




SEPUTARINFO.COM - Pandemi Covid-19 membuat banyak orang untuk bekerja dari rumah. Apa yang bisa dilakukan dirumah ? salah satu kegiatan yang sangat produktif adalah dengan membuka bisnis dengan menyambut era industri 4.0 serta semakin berkembangnya teknologi yang memberikan kemudahan bertransaksi, mengharuskan untuk segera mengonlinekan bisnis agar tetap dapat bersaing.

Lalu, bagaimana caranya ?

Ketika awal membuka bisnis, pasti di bingungkan dengan 2 hal, yaitu pilih menggunakan websaite vs marketplace bukan?

Manakah yang lebih efesien dan efektif untuk bisnis ? pasti disini akan melahirkan 2 pendapat yang berbeda.

Pertama, orang lebih cenderung memilih diantara dua media tersebut sebagai platform bisnisnya.

Kedua, berbanding terbalik dengan yang pertama, orang lebih cenderung menggunakan 2 dari media tersebut sebagai acuan atau sinergitas platform bisnisnya.

Sebelum memilih menggunakan marketplace, website, atau keduanya, perlu memahami dulu apa itu yang dimaksud dengan marketplace dan website. Termasuk semua hal yang terkait dengannya.

Website

Situs web atau website dalam hal ini adalah halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara atau bisa gabungan dari kesemuanya atau bisa juga diartikan sebagai media online juga milik pribadi atau sekelompok orang yang digunakan khusus untuk menjual produk sendiri atau kelompok orang tersebut.

Website pribadi ini bisa dikembangkan dalam bentuk landing page. Berisi profil toko dan tombol berisi tindakan, misal: Wa disini, pesan disini, dll.

Atau bisa juga dikembangkan berupa display produk jualan. Kalau yang berbentuk seperti ini namanya e commerce.

Kalau mau membuat website, harus tahu penyedia layanan domain dan hosting Indonesia yang recomended.

Banyak pilihan sebenarnya. Tapi sebagai pemula perlu juga di pertimbangkan terkait domain murah, hosting murah, pelayanan cepat, dan berbagai faktor lainnya.

Keuntungan Menjual Produk Di Website Sendiri

Website adalah media yang sangat efektif untuk meningkatkan konversi.

Jika dulu untuk meningkatkan penjualan kamu menggunakan media fisik seperti brosur, maka sekarang website jauh lebih efektif.

Dengan website kamu bisa menginformasikan apa saja yang terkait dengan produkmu dan informasi tersebut nantinya akan bisa diakses oleh seluruh orang di dunia.

Karena website bekerja secara online dan dinamis maka kapanpun dan dimanapun kamu berada kamu bisa menginformasikan apa saja termasuk promo untuk meningkatkan konversi.

Dengan Website produk terlihat Eksklusif dan Professional.

Dengan menggunakan website sebagai sarana penjualan produk sendiri, maka produk yang kamu jual akan terasa lebih eksklusif, seolah-olah produk kamu hanya bisa dibeli melalui website kamu.

Dengan demikian secara otomatis profesionalitas bisnis kamu ikut naik tentunya dengan desain dan management website yang baik.

Website cocok untuk menjangkau pasar segmented.

Jika kamu memiliki target pasar yang sangat spesifik & segmented, misalnya kamu menjual alat-alat berat, maka media website jauh lebih menguntungkan.

Website bisa memfokuskan calon konsumen hanya kepada produk yang kamu jual.

Jika di situs marketplace kamu akan bersaing dengan puluhan bahkan ratusan penjual dengan barang yang sama, dengan website kamu bisa memfokuskan konsumen untuk melihat apa yang kamu jual saja.

Website bisa menjangkau seluruh wilayah di dunia.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, website bisa dilihat oleh siapapun, dimanapun dan kapanpun.

Jika dulu menjual barang ke luar negeri mungkin terdengar mustahil, kini dengan bantuan website kamu bisa menjual barang dagangan kamu kemana pun kamu mau.

Kekurangan Berjualan Di Website Sendiri

Meski menawarkan banyak keuntungan, membuat website sendiri membutuhkan skill terutama skill digital marketing dan mengelola website.

Selain berjualan kita juga harus memikirkan bagaimana agar website kita dikunjungi banyak orang.
Walau website sudah dikunjungi banyak orang, kita juga harus kembali memutar otak mencari cara agar pengunjung website kita mau membeli produk kita.

Tapi kekurangan ini bisa diatasi jika kamu mau mempelajari bagaimana membuat website dan mengelolanya dengan benar.

Marketplace

Marketplace adalah ebagai tempat untuk berjualan online. Mengapa pilihan? Karena kebanyakan orang menggunakan marketplace hanya untuk memperluas jangkauan penjualan. Marketplace sendiri masih dalam bagian dari website. 

Hanya saja memiliki fungsi berbeda atau dapat diartikan sebagai media jual beli online yang di dalamnya banyak memuat produk jualan banyak toko. Jadi di dalam marketplace tersebut beraneka ragam produk yang dijajakan via daring.

Kelebihan Berjualan Di Situs Marketplace

Marketplace menawarkan fasilitas yang mempermudah para pedagang untuk menjajakan dagangannya di dunia maya hanya dengan bermodalkan kemampuan input data.
Dengan memposting foto, judul, deskripsi dan harga, kamu sudah bisa mulai berjualan secara online di situs Marketplace.

Meskipun terdengar mudah, kamu perlu tahu beberapa kekurangan dari berjualan di situs marketplace berikut ini:

Kekurangan Berjualan Di Situs Marketplace

Proses jual beli di situs marketplace lama.

Jika kamu berhasil menjual sesuatu melalui situs marketplace, maka uang hasil penjualan baru akan kamu terima setelah disetujui oleh pembeli.

Marketplace punya pasar yang besar tapi hanya Di Indonesia.

Situs marketplace di Indonesia untuk saat ini belum menyediakan sistem penjualan internasional sehingga barang dagangan kamu hanya mencakup pasar Indonesia saja.

Semua orang bisa berjualan & bersaing di situs marketplace.

Persaingan dagang di situs marketplace memang sangat ketat, pengunjung yang membeli produk kamu mungkin awalnya tidak akan menjadi pelanggan kamu tapi setelah melihat-lihat toko lain dan tidak sengaja melihat produk kamu barulah mereka memutuskan untuk membeli di toko kamu.
Nah, sekarang sudah mengetahui apa maksud dari website vs marketplace.

Pilih website vs marketplace - Pilihan atau Sinergi?

Walaupun keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Bagi saya keduanya sangatlah baik digunakan untuk jualan online. Sama-sama bisa meningkatkan omzet penjualan.

Kamu bisa memilih salah satu bisa menggunakan website sendiri yang selain baik diguankan unuk jualan online juga baik untuk meningkatkan branding atau memilih marketplace tapi kamu tidak bisa melakukan branding dengan maksimal.

Melihat dari kekuatan keduanya, kamu bisa menyandingkan keduanya. Selain bisa membangun branding di website toko online sendiri, kamu juga bisa mendapatkan pembelian produk pada marketplace.

Saran saya kamu bisa memaksimalkan keduanya agar kedua media tersebut saling bersinergi antara satu dengan yang lainnya dalam meningkatkan penjualan juga branding usaha kamu.

Dengan menggabungkan keduanya kita bisa menutupi kelemahan website dengan marketplace begitu pula mengisi kekosongan marketplace dengan website sendiri.

Nah, begitulah gambaran untuk kalian yang ingin membuka bisnis " WEBSITE VS MARKETPLACE - PILIHAN ATAU SINERGI "

Source:https://www.rumahweb.com/blog-competition/










Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Website vs Marketplace: Pilihan atau Sinergi?"

Post a Comment