Perbandingan Pada Sistem Operasi Windows VS Linux




SEPUTARINFO.COM - Secara umum windows dan linux merupakan sebuah system yang dijalankan pada computer. Tetapi, windows dan linux memiliki perbedaan yang berbeda.
   
Sistem operasi adalah bagian yang penting dari sebuah komputer. Tanpa adanya sistem operasi, maka komputer tidak akan dapat digunakan oleh penggunanya dengan baik dan benar sebagaimana yang seharusnya.

Sistem operasi menjadi jembatan antara pengguna dengan piranti komputer, agar pengguna dapat melakukan pekerjaan dengan aplikasi-aplikasi tertentu yang dapat dijalankan di dalam sebuah sistem operasi.

Nah, kali ini SEPUTARINFO.COM akan membahas perbandingan windows dan linux. Sebelum itu, kalian harus mengetahui apa sih itu windows dan linux?

WINDOWS

Windows merupakan sistem operasi yang dilengkapi dengan antarmuka pengguna grafis (GUI) dengan desktop yang memungkinkan pengguna untuk melihat semua file dan video. 

Sistem operasi ini dirancang untuk berjalan pada perangkat keras x86 seperti AMD dan prosesor Intel. 

Sistem operasi Windows hadir dengan hampir semua perusahaan yang membuat PC atau laptop. 

LINUX

Linux merupakan sistem operasi open-source berbasis UNIX, dibuat pada tahun 1991. Sistem operasi Linux juga dilengkapi dengan antarmuka pengguna grafis (GUI) dengan beberapa perangkat lunak yang diperlukan yang digunakan setiap hari. 

PERBANDINGAN WINDOWS VS LINUX

1.       SEGI KETAHANAN KEAMANAN

Ketahanan sistem operasi Windows sedikit lemah, karena mudah sekali terserang virus. Dan lebih membahayakan lagi karena virus tersebut mudah menyebar, bahkan dapat merusak perangkat keras komputer Anda jika di biarkan terlalu lama.

Serta tidak menutup kemungkinan jika komputer Anda mudah di retas oleh para hacker yang tidak bertanggungjawab.

Ketahanan sistem operasi Linux lebih kuat. Bukan karena tidak akan terserang virus, sistem operasi Linux pun bisa terkena virus hanya saja virus tersebut mampu dikendalikan agar tidak mudah menyebar.

2.       SEGI HARGA

Windows adalah salah satu sistem operasi yang sangat populer. Di Indonesia sistem operasi bajakan Windows sangat banyak tersebar di berbagai tempat selain karena tersedianya akses mentahan windows di internet, juga banyaknya orang yang melakukan cracking pada sistem aktivasi Windows.

Fenomena ini menunjukkan bahwa Windows sejatinya bukan sistem operasi yang gratis alias berbayar.

Sementara itu, Linux merupakan sebuah sistem operasi berbasis open source yang gratis. Sejak awal kali menggunakan Linux, kamu tidak perlu membayar apapun.

3.       SEGI TAMPILAN

Tampilan dari sistem operasi Windows lebih bervariasi. Anda dapat mengubah tampilan Windows sesuka hati Anda.

Tampilan dari sistem operasi Linux, terkesan lebih monoton daripada Windows yang tampilannya bervariasi.

4.       SEGI INTELEKTUAL

Sistem operasi Windows, sebagian besar software-softwarenya memiliki lisensi. Hal ini mewajibkan semua pengguna Windows harus membeli software dengan sejumlah uang tertentu. Selain itu, apabila terjadi pelanggaran terhadap penyalahgunaan software-software dari sistem operasi Windows bisa dikenakan hukuman pidana.

Sistem operasi Linux, tidak seperti Windows yang berbayar. Sebagian besar lisensi dari Linux adalah gratis dan memperbolehkan para penggunanya untuk mengembangkan software-software yang di dalamnya tanpa harus takut dengan adanya tuntutan hukuman pidana.

WINDOWS VS LINUX ?

Usai melihat perbedaan dari kedua sistem operasi di atas, kamu sendiri yang menentukan, jenis sistem operasi apa yang kamu butuhkan. Meski layanan sistem operasi Windows dipungut biaya dan lebih rentan diserang virus, tapi OS ini cocok bagi kamu yang membutuhkan tampilan interface yang lebih baik. Selain itu, jika kamu menggunakan perangkat komputer untuk bermain game atau mengerjakan tugas seperti presentasi atau makalah, Windows juga menjadi pilihan tepat karena lebih mudah digunakan.

Namun, jika kamu bekerja di bidang keamanan data komputer, gunakanlah perangkat komputer dengan sistem operasi Linux yang dapat menjaga keamanan datamu dari virus berbahaya. Keunggulan lainnya, kamu bisa mendapatkan Linux secara gratis dan lebih kebal terhadap spyware ketimbang Windows.


Nah, setelah kalian mengetahui wndows dan linux, pilih lah secara seksama untuk system operasi computer kalian.

Semoga Bermanfaat..

Sumber: SEPUTARINFO.COM ( https://seputarinformasididunia.blogspot.com/ )


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbandingan Pada Sistem Operasi Windows VS Linux"

Post a Comment